Ribuan Anggota Pramuka di Boyolali Meriahkan Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng

Anggota Pramuka Penegak Membawa Tunas Kelapa Kwarda Jateng dari Klaten Menuju Boyolali menyusuri Desa Kadireso, Kamis (25/8/2023).

 BOYOLALI --- Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah menggelar kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2023, kegiatan ETK ini merupakan salah satu kegiatan yang unik dan khas dari Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah yang menyusuri berbagai Kwarcab Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah. Ada sebanyak 14 titik pemberangkatan dari berbagai Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Tengah dan akan finish di Kwartir Cabang (Kwarcab) Pemalang.

Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, mengatakan, “Pada Kamis (24/8/2023) Pagi, Pasukan pembawa tunas kelapa dari anggota pramuka golongan penegak Kwartir Ranting (Kwarran) Ngemplak, Boyolali menerima etape pertama dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Surakarta yang diserahterimakan di Halaman Kantor Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Wakil Bupati Boyolali Kak Wahyu Irawan yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Boyolali menerima Esatfet Tunas Kelapa dari Kwarcab Kota Surakarta yang diserahkan oleh Wakil Walikota Surakarta Kak Teguh Prakosa.

Sementara itu etape kedua diserahterimakan dari Kwarcab Klaten kepada Kwarcab Boyolali di Pancingan Janti, Klaten dari Ketua DPRD Klaten kepada Ketua DPRD Boyolali. Ratusan anggota pramuka dari Kwartir Ranting (Kwarran) Teras membawa tunas kelapa tersebut menyusuri sepanjang jalan Doplang-Kadireso hingga ke Lapangan Desa Kopen, Kec. Teras sejauh sekitar 5 kilo meter,” Ungkapnya.

Siswa siswi MTsN 4 Boyolali menyambut Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng, Kamis (24/8/2023).

Estafet Tunas Kelapa semakin meriah disaat pasukan inti pembawa tunas kelapa memasuki Desa Doplang dan Kadireso, Ribuan anggota pramuka dari golongan siaga, penggalang dan penegak menyambutnya dengan yel yel selamat datang kakak hingga lagu lagu nasional dengan membawa bendera merah putih, bahkan bak menyambut presiden saat berkunjung ke daerah.

Memasuki depan MTsN 4 Boyolali atau tepatnya di Kopen, Teras, Boyolali, ratusan anggota pramuka sekolah setempat juga tak kalah meriah menyambut pasukan pembawa tunas kelapa tersebut hingga memasuki lokasi terakhir di lapangan desa Kopen yang menjadi tempat perkemahan Estafet Tunas Kelapa dari Kwarran Teras.

Menurut salah satu Andalan Kwarda Jateng yang memantau kegiatan, Aditya W, mengatakan, “jadi ini adalah kegiatan estafet tunas kelapa, satu kegiatan yang khas dan hanya ada di kwartir daerah jawa tengah, jadi ini sudah ada lama sekali sejak tahun 1970-an hingga saat ini masih kita pertahankan dan untuk pelaksanaan di kwarda jateng setiap dua tahun sekali, dimana ETK ini dilaksanakan dari 14 titik start dari 14 Kwartir Cabang se Jawa Tengah dan tahun ini akan finish di lokasi peringatan hari pramuka tingkat kwarda jateng di kwarcab pemalang, Jadi kegiatan ini adalah mengestafetkan tunas kelapa yang dibawa oleh adik adik pramuka penegak yang bertugas mulai dari bendera merah putih, tunas kelapa, bendera tunas kelapa, semaphore, bendera morse, hingga pesan pesan dari gubernur jateng dan pesan dari kwarcab hingga kwarran yang dilewati oleh petugas pembawa tunas kelapa tersebut. Tujuannya adalah mensosialisasikan gerakan pramuka agar masyarakat mengenal gerakan pramuka selain itu juga menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme bagi adik adik pembawa tunas kelapa dan menyemarakan hari pramuka ke 62 tahun 2023, Ujarnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, menyampaikan bahwa nantinya Esatafet Tunas Kelapa dari etape pertama dari kwarcab solo dan etape kedua dari kwarcab klaten akan kita semayamkan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, keesokan harinya pada jum’at akan kami berangkatkan lagi ke Kwarcab Kota Salatiga, namun sebelumnya akan kita estafetkan hingga ke monument susu tumpah di Boyolali kota, Ungkapnya.

Penyerahan Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng dari Kwarran Teras ke Kwarran Mojosongo, Boyolali di Lapangan Kopen, Kamis (24/8/2023).

Salah satu siswa kelas 3 SDN Kadireso, Latifah, mengatakan, ini saya lagi ikut menyambut estafet tunas kelapa di depan sekolah, saya senang bisa melihat langsung estafet tunas kelapa dan ini baru kali pertama saya melihatnya, seru banget kakak kakak berjalan tegap dan kompak, saya menyiapkan bendera merah putih kecil untuk menyambutnya dan menayikan lagu hari merdeka bersama teman teman, Ujarnya.

Sehari sebelumnya Kwartir Ranting Teras yang dilewati Estafet Tunas Kelapa menggelar perkemahan di lapangan Desa Kopen, Teras, Boyolali, kegiatan bertujuan untuk menyemarakan kegiatan Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng. Selain itu kegiatan Estafet Tunas Kelapa ini juga dinilai oleh Kwarda Jateng, nantinya bagi Kwarcab Kabupaten/ Kota yang meriah dan sesuai petunjuk teknis dari Kwarda Jateng dalam pelaksanaannya akan berpeluang menjadi juara Estafet Tunas Kelapa tahun 2023. Harapannya kegiatan ini bisa mengenalkan pramuka pada masyarakat luas. (Sn/ B-News).

Komentar