Jambore Cabang Pramuka Penggalang SD/ MI ke XXI akan digelar di Kwarran Andong

Lokasi Jambore Cabang Pramuka Penggalang SD/ MI ke XXI di Desa Beji, Kec. Andong

BOYOLALI NEWS --- Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali akan menggelar Jambore Cabang Pramuka Penggalang SD/ MI ke XXI se Kabupaten Boyolali pada Senin-Rabu (19-21/6/2023) mendatang. Kegiatan Jamcab tersebut akan diikuti peserta, pembina beserta pendukungnya sebanyak 820 orang, kegiatan dilaksanakan di Kwarran Andong yang berlokasi di Lapangan Desa Beji, Andong.

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Jamcab, Ketua Kwarcab Boyolali beserta Forkompimca Kecamatan Andong dan panitia melakukan rapat koordinasi lintas instansi pada Rabu (14/6/2023) di Aula Koordinator Dikdas dan LS Kecamatan Andong.

Jambore Cabang pramuka tersebut merupakan pertemuan besar bagi anggota pramuka penggalang SD/ MI dari 22 Kecamatan se Kabupaten Boyolali, nantinya peserta akan melaksanakan perkemahan selama 3 hari dan mengikuti sejumlah kegiatan seperti giat umum dengan upacara pembukaan dan penutupan, api unggun, apel, ibadah serta olahraga, ada juga giat orang dewasa seperti temu pimpinan kontingen dan pembina damping, seminar atau loka karya dan gelang ajar.

Giat wawasan seperti pertolongan pertama, bersih lingkungan hingga penggalang peduli lalu lintas, ada juga giat prestasi seperti mendirikan pionering, wide game, scouting skill, hasta karya dan perkemahan, ada juga giat persaudaraan seperti permainan besar penggalang dan forum penggalang, ada juga giat pramuka peduli dengan bakti sosial serta siskamling hingga giat seni dan budaya yang menampilkan kesenian dari para peserta jambore cabang dan yang paling menarik adalah pementasan wayang kulit oleh para dalang handal dan kekinian dari Darma atau dalang remaja Boyolali.


Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, M.Pd (tengah) bersama Forkompimca Kec. Andong saat evaluasi kesiapan Kwarran Andong melaksanakan Jambore Cabang.

Menurut Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, hari ini kami dari kwarcab bersama steakholder dan teman teman kwarran andong serta pak camat dan jajaran forkompimca serta pengurus kwarran dan dikdas LS sedang membicarakan kesiapan jambore cabang penggalang SD/ MI ke 21 yang akan dilaksanakan di lapangan desa beji kecamatan andong. Kegiatan akan melibatkan anggota pramuka serta pendukung bina damping dan sebagainya yang terakumulasi sebanyak 820 orang pramuka akan terlibat dalam kegiatan tersebut dengan diawali kegiatan kegiatan kepramukaan dan pentas seni dan budaya yang mana akan menampilkan panggung hiburan yang merupakan lomba atraksi dari tiap tiap kwarran, ada juga api unggun juga ada pentas wayang kulit di malam terakhir di lokasi perkemahan, dikandung maksud untuk memberikan edukasi pembelajaran tentang wayang bagi peserta didik, dan pentas wayang nanti akan memilih dalang dari darma, yaitu dalang remaja boyolali, Ujarnya.

Selain kegiatan prestasi, jambore cabang ini nantinya juga akan melibatkan pelaku UMKM di sekitar lokasi perkemahan, panitia sudah menyiapkan loss pasar desa beji yang berada di depan perkemahan sebagai tempat pelaku UMKM untuk berjualan.

Sementara itu untuk kesiapan kelistrikan serta air di lokasi perkemahan, panitia juga sudah menyiapkan secara maksimal, selain itu untuk MCK para peserta dan pembina damping bisa menggunakan home stay atau rumah rumah warga yang sudah bekerjasama dengan panitia kegiatan.

Menurut ketua panitia perkemahan, Ahmad Muzamil, mengatakan, pertama untuk listrik sudah memedai para peserta bisa menggunakannya dari genset soundsistem dan dimasing masing titik nantinya akan disediakan colokan listrik, hal itu untuk menanggulangi jangan sampai hanya tertumpu pada satu tempat yang nantinya bisa mengakibatkan kebakaran. Untuk pengairan, alhamdulilah di pojok lapangan ada simbel yang digunakan untuk mengairi sawah dan itu sangat memadai dan nantinya kita tarik ke torn air dan terkait mck peserta nantinya bisa di home stay atau rumah singgah warga yang sudah ajak kerjasama, Ujarnya.

Sementara itu Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, menambahkan, untuk pengkaplingan tenda perkemahan sudah kita siapkan 62 kapling yang setiap kapling berukuran 7 x 5 meter, nantinya untuk tenda putra dan tenda putri satuan terpisah. Selain itu kegiatan jambore cabang pramuka penggalang SD/ MI ke 22 ini nantinya akan dibuka oleh Bupati Boyolali pada senin (19/6/2023) jam 14.00 wib di Lapangan Desa Beji, kami sudah menyiapkan para petugas upacara pembukaan serta berkoordinasi dengan protokoler untuk kehadiran Bapak Bupati Boyolali, Ujarnya.

Rencananya kontingen dari Kwarran yang menjadi juara 1 pada kegiatan jambore cabang pramuka penggalang SD/ MI ke 21 ini nantinya akan mewakili Kabupaten Boyolali maju ke tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. (Sani/ B-News).

 

 

Komentar